Saingan Berat Jago Bangkok, Ayam Jago Birma Asal Myanmar

Dunia perayaman memang akan selalu menarik untuk diulas. Kamu yang hobi dalam perihal ayam pasti ada menyukai salah satu jenis ayam aduan. Dari apa yang mimin temukan dilapangan, banyak orang menyukai ayam bangkok dan juga ayam siam. Tapi tidak sedikit juga orang memilih ayam lain seperti birma, saigon dan juga lainnya.

Tapi kalau menurut pribadi dari mimin sih lebih suka Ayam Birma. Dalam urusan bertarung ayam aduan birma juga tidak kalah unggul dari saingannya yaitu Bangkok. Ayam birma sebenarnya cukup disegani oleh pemain ayam aduan bangkok, karena tidak sedikit ayam bangkok bisa kalah telak dari Ayam Birma Terbaik. Maka tidak heran jika ada banyak botoh yang melakuikan persilangan ayam aduan birma dengan ayam lainnya.

Ayam Birma

Ayam Birma Asli

Sama seperti dengan ayam aduan lainnya, Ayam Birma umumnya memiliki persilangan dan bukan dari keturunan asli. Tapi untuk kita semua tentu ingin mendapatkan ayam birma asli bukan?.  Kamu mungkin bisa memperhatikan beberapa ciri ayam aduan birma asli yang akan sangat memcolok jika kamu pegang. Bahkan kalau kamu sudah mengerti betul tentang ayam, kamu bisa membedakan Ayam Birma dan Ayam Bangkok dengan hanya melihatnya.

Ciri Ayam Birma Asli :

  • Ayam Birma yang mempunyai keturunan asli biasanya memiliki tanda putih di bagian telinganya. Tanda tersebut menunjukkan bahwa Ayam Birma itu masih tergolong jenis ayam liar dan asli darisana. Walaupun ayam birma sudah banyak disilangkan, namun ayam birma yang asli akan tetap memiliki tanda putih ini.
  • Ayam birma juga mempunyai mata yang sedikit cembung dan besar sehingga terlihat seperti melotot. Hal ini yang menjadikan ayam birma kelihatan memiliki keganasan, keliaran dan kebringasan. Bahkan dengan tatapan mata yang tajam ini akan terlihat lebih ganas dari ayam aduan lain seperti ayam saigon maupun ayam bangkok.
  • Jika diperhatikan, bagian wajah ayam birma sekilas seperti silangan ayam bangkok dan ayam kampung dimana bentuk telinga agak lebih besar, mata cembung, paruh kecil, badan tidak terlalu kekar.
  • Ayam Birma diketahui memiliki ukuran badan yang sedang dan tidak terlalu besar, bahkan hampir mirip seperti ayam kampung dengan bobot tidak sampai 3 kg. Dengan ukuran badan yang tergolong kecil ini, membuat ayam birma memiliki pergerakan yang agresif dan sulit dikendalikan lawan.  Karena dari hal ini tentunya ayam lawan akan kebingungan saat menerima serangan ayam birma.
  • Ayam birma juga memiliki tulang yang lebih kecil dari ayam jawara lainnya, selain itu ayam ini juga mempunyai jari kaki yang kecil dan memanjang. Meskipun jarinya kecil, tetapi kalau soal pukulan ayam birma ini terkenal sangat tepat sasaran.

Dari cirinya, Ayam Jago Birma sangat membuat kamu penasaran. Untuk teknik bertarung jangan kamu ragukan, kecepatan dan ketepatan ayam akan berikan kualitas terbaiknya. Tapi tetap ada kemampuan lain yang dimiliki ayam aduan yang satu ini. Bahkan Ayam Aduan Birma memiliki teknik bertarung yang berbeda.

Teknik Bertarung Asli Ayam Birma :

  • Sama dengan ayam aduan berkualitas lainnya, Ayam Birma ini juga memiliki mental yang tidak mudah menyerah. Jika mendapatkan lawan yang memiliki ukuran sama sepertinya, maka ia tidak akan lari atau bahkan sudah mau mati sekalipun.
  • Ayam birma jug dikenal memiliki kecerdikan dalam melepaskan abar pada lawannya. Ayam birma sangat jeli dalam memilih titik pukulan yang tepat pada lawan. Maka kadang jika sekedar abar ia bisa labih unggul dari ayam lain.
  • Ayam birma mempunyai skill mengelak serangan lawan bahkan saat tertekan sekalipun. Ayam Birma mengetahui kelemahan ukurannya, maka ia selalu main dengan jarak yang tepat. Jika lawan diam saja maka ia yang akan meancarkan serangan sampai lawan kewalahan.
  • Ayam Birma Asli juga sangat sulit untuk disayap oleh lawan karena memiliki keunggulan kelincahan atau agresifitas tinggi yang membuatnya selalu terjaga dari serangan jarak dekat dari lawannya.

Mungkin sampai disinilah pembahasan mimin tentang Ayam Jago Birma yang bisa menyaingi Ayam Bangkok. Walau dari segi popularitas Ayam Birma kalah, tapi dalam gelanggang keduanya tidak berbeda jauh dari segi pukul. Memang kalau merawat ayam aduan yang mungil ini kamu harus bersabar dan jangan memaksakan memberikan pelatihan berlebihan. Kamu tidak akan pernah tahu sepenuhnya cedera ayam aduan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 6 =